Sunday, June 9, 2013

Persamaan dan perbedaan private speech antara Piaget dan Vygotsky


            pada usia 3 tahun pertama adalah masa-masa emas perkembangan anak. Pada masa itu anak-anak mulai mengembangkan kemampuan kognitif, kepribadian, dan perkembangan-perkembangan lainnya. Pada masa itu juga setiap anak  akan mudah menyerap setiap pelajaran yang mereka dapatkan dan mulai belajar untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Salah satu cara bersosialisasi yaitu dengan cara berkomunikasi. namun pada masa 3 tahun pertama perkebangan bahasa masih belum sempurna. Di si kita akan membahas tentang private speech menurut dua tokoh, yaitu Piaget dan Vygotsky.
Menurut piaget bahasa akan muncul ketika perkembangan anak sudah lebih matang, sehingga menurut piaget perkembangan kognitif mempengaruhi perkembangan bahasa seorang anak. piaget meyakini bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam empat tahapan, yaitu:
  • Priode sensorik-motor (0 - 2 tahun)
  • Priode pra-sekolah (2 - 7 tahun)
  • Priode oprasional kongkret (7 - 11 tahun)
  • Priode oprasional formal (11 - dewasa)
 Masing-masing tahapan berhubungan dengan usia dan tersusun dari jalan pikiran yang berbeda-beda. Menurut piaget privat speech merupakan tanda belum matangnya perkembangan kognitif seseorang. Piaget mengaggap private speech sebagai nonsosial dan egosetris.
            Sedangkan menurut vygotsky perkembangan bahasa sangatlah penting dalam perkembangan kognitif anak. Vygotsky percaya bahwa anak-anak menggunakan bahasa bukan hanya untuk berkomunikasi namun juga untuk merencanakan, memonitoring prilaku mereka dengan caranya sendiri. Menurut vygotsky private speech merupakan salah satu cara yang dapat membantu perkembangan bahasa anak. sedangkan private speech adalah sebuah cara komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Ada dua cara melakukan private speech, yang pertama dengan cara internal yaitu berbicara dalam hati dan tanpa suara. Yang kedua dengancara external, yaitu kebalikan dari cara internal, berbicara dengan mengeluarkan suara. Menurut vygotsky private speech juga merupakan salah satu bentuk penggunaan bahasa yang bertujuan untuk mengembangkan anak untuk menjadi pribadi yang mandiri. Private speech ini akan menghilang ketika anak telah memesuki tahap oprasional konkrit. Vygoysky pernah menentang gagasan piaget yang mengatakan bahwa private speech itu sebagai nonsosial dan egosentrisme. Menurut vygotsky ketika anak melakukan private speech mereka menggunakan bahasa untuk mengatur pola prilaku mereka sendiri. Sedangkan menurut piaget jika seorang anak melakukan private speech maka itu memperlihatkan ketidak matangan kognitif mereka. Namun dari sekian banyak perbedaan yang tampak dari pandangan piaget dan vygotsky mereka juga punya kesamaan, yaitu sama­-sama berpendapat bahwa private speech itu akan hilang jika kemampuam kognitifnya sudah lebih berkembang atau sudah matang.

No comments:

Post a Comment