pada usia 3 tahun pertama adalah masa-masa emas
perkembangan anak. Pada masa itu anak-anak mulai mengembangkan kemampuan
kognitif, kepribadian, dan perkembangan-perkembangan lainnya. Pada masa itu
juga setiap anak akan mudah menyerap
setiap pelajaran yang mereka dapatkan dan mulai belajar untuk bersosialisasi
dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Salah satu cara bersosialisasi yaitu
dengan cara berkomunikasi. namun pada masa 3 tahun pertama perkebangan bahasa
masih belum sempurna. Di si kita akan membahas tentang private speech menurut
dua tokoh, yaitu Piaget dan Vygotsky.
Menurut
piaget bahasa akan muncul ketika perkembangan anak sudah lebih matang, sehingga
menurut piaget perkembangan kognitif mempengaruhi perkembangan bahasa seorang
anak. piaget meyakini bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam empat tahapan,
yaitu:
- Priode
sensorik-motor (0 - 2 tahun)
- Priode
pra-sekolah (2 - 7 tahun)
- Priode
oprasional kongkret (7 - 11 tahun)
- Priode
oprasional formal (11 - dewasa)
Masing-masing tahapan berhubungan dengan usia
dan tersusun dari jalan pikiran yang berbeda-beda. Menurut piaget privat speech
merupakan tanda belum matangnya perkembangan kognitif seseorang. Piaget
mengaggap private speech sebagai nonsosial dan egosetris.
Sedangkan menurut vygotsky perkembangan bahasa sangatlah
penting dalam perkembangan kognitif anak. Vygotsky percaya bahwa anak-anak
menggunakan bahasa bukan hanya untuk berkomunikasi namun juga untuk
merencanakan, memonitoring prilaku mereka dengan caranya sendiri. Menurut
vygotsky private speech merupakan salah satu cara yang dapat membantu
perkembangan bahasa anak. sedangkan private speech adalah sebuah cara
komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Ada dua cara melakukan private
speech, yang pertama dengan cara internal yaitu berbicara dalam hati dan tanpa
suara. Yang kedua dengancara external, yaitu kebalikan dari cara internal,
berbicara dengan mengeluarkan suara. Menurut vygotsky private speech juga
merupakan salah satu bentuk penggunaan bahasa yang bertujuan untuk
mengembangkan anak untuk menjadi pribadi yang mandiri. Private speech ini akan
menghilang ketika anak telah memesuki tahap oprasional konkrit. Vygoysky pernah
menentang gagasan piaget yang mengatakan bahwa private speech itu sebagai
nonsosial dan egosentrisme. Menurut vygotsky ketika anak melakukan private
speech mereka menggunakan bahasa untuk mengatur pola prilaku mereka sendiri.
Sedangkan menurut piaget jika seorang anak melakukan private speech maka itu
memperlihatkan ketidak matangan kognitif mereka. Namun dari sekian banyak
perbedaan yang tampak dari pandangan piaget dan vygotsky mereka juga punya
kesamaan, yaitu sama-sama berpendapat bahwa private
speech itu akan hilang jika kemampuam kognitifnya sudah lebih berkembang atau
sudah matang.
No comments:
Post a Comment