Sunday, April 13, 2014

Paedagogi



            pedagogi berasal dari bahasa Yunani, yaitu paidos yang berarti anak, dan ago yang berarti memimpin. Jadi pedagogi itu artinya adalah proses pembelajaran yang berpusat untuk mendidik anak-anak. Terdapat perbedaan pedagogi dan pedagogik. Pedagogi adalah pendidikan yang lebih kepada praktik sebagai pengajar sedangkan pedagogik ilmu mendidik dan lebih menekannkan pada kognitifnya. Namun pada dasarnya ahli paedagogi itu belum bisa dikatakan sebagai guru dan guru juga belum tentu seorang ahli paedagogi. Pada metode pedagogi tidak ada batasan usia untuk menggunakannya karena batasannya sendiri adalah usia mental seseorang jadi tidak menutup kemungkinan orang dewasa masih menggunakan metode pedagogi.
            Konsep paling tradisional dari paedagogi bermakna suatu study tentang bagaimana menjadi guru. Menjadi guru yang hanya memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anak. Awalnya kata paedagogi bermakna cara  bagaimana seseorang mengajr atau seni dalam mengajar. Belakangan ini istilah paedagogi secara umum diberi makna yang lebih luas, yaitu merujuk pada strategi pembelajaran, dengan titik tekan pada guru dalam emngajar.
            Paedagogi modern sekarang ini bukan lagi memposisikan paedagogi sebagai sebatas seni dalam mengajar dan mengasuh anak saja. Tapi paedagogi sebagai ilmu dan paedagogi sebagai seni sehingga paedagogi abad 21 akan mempunyai dimensi seni, teori, dan teknik mengajar dan belajar. Pada jaman sekarang guru tidak lagi hanya memberikan pelajaran kepada muridnya, namun guru merangsang, mengawasi, dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai pembelajaran yang berhasil. Guru di tempatkan sebagi sentral dalam pembelajaran. Dalam pembelajarannya sisiwa juga di tuntut untuk mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mereka.
Kreteria guru yang baik adalah:
·         Ksatria
Mengakui kesalahan ketika kita memang melakukan kesalahan. Ketika pengajar melakukan kesalahan, dan anak-anak sadar akan kesalahan pengajar atau guru maka ia akan langsung mengakui dan minta maaf terhadap anak atau murid-murid tersebut. Hal ini pun tampak saat pengajar melakukan kesalahan ia mengatakan maaf dan bilang apa yang menjadi kesalahannya.
·         Jujur
Memberitahu siswa tentang kebenaran dan menjelaskan tindakan dengan alasan situasi.
·         Disiplin
Menunjukkan kontrol diri dan dapat diandalkan untuk  melakukan hal yang benar dalam setiap situasi. Kita tahu menjaga sekaligus mengajar anak bukanlah hal yang mudah, disini kita harus belajar mengontrol diri, mulai dari emosi dan sikap serta dapat diandalkan
-          Penyayang
Menunujukkan diri benar-benar peduli dengan siswa secara pribadi dan profesional. Ini merupakan hal penting.
·         Integritas
Selalu melakukan apa yang dikatakan apapun konsekuensinya. Jadi, ketika pengajar mengatakan apa yang dikatakannya harus sesuai dengan apa yang dilakukan. Karena saat mengajar, pengajar adalah teladan bagi muridnya.
·         Antusias
Tampil bersemangat dan percaya pada apa yang. Ketika pengajar bersemangat maka semangat itu akan tertransfer ke murid-muridnya sehingga murid juga akan bersemangat dengan pengajar yang memerankannya dengan sangat baik
·         Motif bagus
Menjadikan siswa selalu pada prioritas nomor satu. Kita harus ingat bahwa ketika mengajar , focus kita adalah peserta didik kita. Memang sederhana, seandainya seorang pengajar didepan tanpa sengaja membuka handphone untuk alasan tertentu ini secara tidak sengaja menganggu focus anak-anak
·         Komitmen
Menunjukkan semangat dan semangat untuk menyampaikan materi secara tuntas. Sulit ataupun mudah , repot ataupun simple suatu materi, harus dapat dikerjakan secra tuntas. Sampai tuntas tidak sekedar selesai, namun anak memang mengerti, dan pengajar memang bisa mengenai sasaran dari pembelajaran itu.

1 comment:

  1. TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN
    can titanium rings be resized tags › titanium mesh TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN › titanium rainbow quartz tags titanium easy flux 125 amp weldertitanium blue TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN-TINN.

    ReplyDelete